Sabtu, 24 Januari 2015

7 Macam Persahabatan, Hanya 1 Sampai Akhirat

Assalamu'alaikum!

     Didunia ini tentu setiap orang mempunyai sahabat atau teman, walaupun beberapa ada yang lebih menikmati dunianya sendiri tapi yang pasti kita tidak akan pernah lepas untuk bersosialisasi dengan orang lain. Persahabatan bagi saya seperti ketika saya pergi ke toko ritel dan menemukan berbagai macam produk yang beragam atau seperti saya melihat berbagai macam warna pelangi, dimana setiap warna memberikan kesan yang berbeda2 atau bisa juga seperti permen nano-nano bahkan lolipop (Kenapa mendadak berubah menjadi kuliner begini ya?Astaganaga!)

     Alright! Bicara tentang persahabatan, sering orang menyebut bahwa mereka mempunyai sahabat sejati, dan ternyata setelah itu sahabat yang mereka banggakan itu mengecewakannya (cius yang salah siapa donk?Yang salah ya "Gayus" keless). hmm O well....lain halnya dengan saya, menurut saya begini, bagi saya, sahabat sejati adalah diri saya sendiri, yang lebih mengerti dan bisa mengingatkan bahkan menasihati ketika saya benar-benar melakukan kesalahan. Anda bisa menyebutnya "Hati Nurani" atau "Qalbu". Itulah kenapa kita diperkenankan menjaga hati nurani kita dari penyakit hati. Saya jadi ingat tentang hadits ini :
    "Ketahuilah, bahwa sesungguhnya di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka seluruh tubuh jadi baik, namun bila ia rusak maka rusaklah seluruh tubuh. Ketahuilah, bahwa segumpal daging itu adalah "HATI".
 (HR. Bukhari no.52, Kitab al iman, bab Fadli Man Istabra 'a lidinihi.)
(HR. Muslim no.4178, Kitab Al Musaqat, Bab Akhdzi Al-halal wa Tarki As-Subuhat)

Dan sahabat adalah my family, mereka lebih bisa mendengarkan saya begitu juga menasihati saya jika memang saya telah berbuat kesalahan. Saya sangat menghargai mereka, saya bersyukur bahwa saya masih punya keluarga, saya bisa melihat ibu saya, ayah saya, dan saudara2 saya secara lengkap. Alhamdulilah wa syukurilah.

Saya ingin berbagi pengertian tentang persahabatan yang telah islam terangkan. Semoga kita kelak mendapat sahabat seperti yang nomor 7 jelaskan. O well, semoga bermanfaat dan barakallahufiik :)

7 Macam Persahabatan, Hanya 1 Sampai Akhirat.
Beberapa Ragam Hubungan Persahabatan
1. "Ta'aruffan" persahabatan yang terjalin karena pernah berkenalan secara kebetulan, seperti pernah bertemu di kereta api, halte, rumah sakit, kantor pos, ATM, dan lainnya.
2. "Taariiihan" persahabatan yang terjalin karena faktor sejarah, misalnya teman sekampung, satu almamater, pernah kost bersama, diklat bersama, dan sebagainya.
3. "Ahammiyyatan" persahabatan yang terjalin karena faktor kepentingan tertentu, seperti bisnis, politik, boleh jadi juga karena ada maunya dan sebagainya.
4. "Faarihan" persahabatan yang terjalin karena faktor hobbi, seperti teman futsal, badminton, berburu, memancing, dan sebagainya.
5. "Amalan" persahabatan yang terjalin karena seprofesi, misalnya sama-sama guru, dokter dan sebagainya.
6. "Aduwwan" sahabat tetapi musuh, depan seolah baik tetapi sebenarnya hatinya penuh benci, menunggu, mengincar kejatuhan sahabatnya, "Bila kamu memperoleh ni'mat, ia benci, bila kamu tertimpa musibah, ia senang..." (QS 3:120).Rasulullah mengajarkan doa", Allahumma ya Allah selamatkanlah hamba dari sahabat yg bila melihat kebaikanku ia sembunyi tetapi bila melihat keburukanku ia sebarkan",
7. "Hubban Iimaanan", sebuah ikatan persahabat yang lahir batin, tulus saling cinta dan sayang karena ALLAH, saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan diam-diam dipenghujung malam, ia doakan sahabatnya. Boleh jadi ia tidak bertemu tetapi ia cinta sahabatnya karena Allah Ta'ala.
Dari ke 7 macam persahabatan diatas, 1 - 6 akan sirna di Akhirat. yang tersisa hanya ikatan persahabatan yang ke 7, persahabatan yang dilakukan karena Allah (QS 49:10), "Teman-teman akrab pada hari itu (Qiyamat) menjadi musuh bagi yang lain kecuali persahabatan karena Ketaqwaan" (QS 43:67).
Wallahu a'lam bishshawab

Terima kasih atas kunjungannya, wassalam :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar